Fakta tentang Suncare Therakin Part 2

2/13/2018

Theraskin Suncare With Brightener TW

ps. Gambar ini bukan milik saya. 

Dari sekian banyak varian Theraskin sun care; Suncare With Brightener TW adalah produk Theraskin yang pertama kali saya beli.

Kenapa? 

Karena saya butuh pemutih kulit tapi ingin menghindari dulu produk yang mengandung hidroquinon dan ingin memilih  produk pemutih kulit yang tidak terlalu agresif. Ada beberapa option sebenarnya, yaitu : Arbutin, Kojic Acid, Vitamin C, dan Niacin. Nah, karena saya sedang pakai Treatinoin, dan tidak ingin mengambil resiko mengiritasi kulit berlebihan (Kojic Acid, Vitamin C), dan tidak hanya ingin memutihkan (Arbutin) maka pilihan saya jatuh ke niacin.

Niacin dan Oxybenzone
Niacin atau Niacimide atau disebut juga Vitamin B mempunyai fungsi selain sebagai agen pemutih (kulit), juga sebagai anti inflamasi/ peradangan (dikarenakan jerawat), mengontrol produksi minyak, anti aging, menangkal sinar uv, membantu kulit memproduksi ceramide. Gak usah bingung, kenyataan nya niasin lebih sering dikenal sebagai agen pemutih kulit. 

Kenapa saya butuh anti inflamasi/ peradangan? karena untuk meredakan efek eksfoliasi dari pemakaian Tretinoin atau turunan vitamin A. Jadinya cucok ya buat saya karena sekarang ini sedang pakai Vitacid.

Selain Niacin produk ini juga mengandung 15% Oxybenzone ya (jenis chemical sunblock/ tabir surya), dengan batas maksimal 10% menurut Perka BPOM. Jadi 5% persen lebih tinggi dari ketentuan BPOM. (dobel mumetke ya?) Sediaan tabir surya dengan menggunakan oxybenxone kudu wajib mencantumkan di produk, contoh : "Mengandung Oxybenzone".

Supaya apa? Supaya semua cust dan khalayak mengetahui efek samping dari Oxybenzone ini menyebabkan iritasi untuk kulit sensitif dan atau yang memang alergi dengan bahan chemical jenis ini.

Dan baithewe, bahan ini rada kontroversial seperti di artikel Sociola dan beberapa artikel (google kata kunci : Oxybenzone, bahan Oxybenzone tabir surya, etc) yang mengatakan kalau Oxybenzone ini bisa menembus lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Eh namun ada juga yang menyebutkan hal tersebut tidak terbukti secara ilmiah, baca artikel ini. Namun meskipun begitu, bijaksana dalam memilih tabir surya tentu perlu ya. Makanya jika sudah tau kalau kulitmu sensitif, saran saya hindari tabir surya dengan bahan Oxybenzone, dan pilihlah mineral sunscreen atau tabir surya dengan bahan Titanium Dioxide atau Zinc Oxide.

Kenyataanya, saya tetap sikat aja sampai habis 3 pot. Krim nya warna putih, tidak berbau. Mudah diratakan, mudah meresap, dan tidak meninggalkan residu. Gampang lumer. Lebai kalau saya bilang serasa tidak pakai krim, tapi emang iya. Benar memberikan efek cerah, bukan putih. Lembab di awal pemakaian, dan kliatan seger cuma beberapa menit sih. Karena suka efek nya, jadi saya pakai nya boros, sesiang saya bisa re-apply sampai 3 kali. Kadang sore pun saya pakai. hohoho. 

Ambil lagi tidak ambil lagi tidak? Tidak ambil lagi karena gak putih putih dan, lama kelamaan kulit jadi kering.

Theraskin Suncare


Oxybenzone
Ini tabir surya kedua. Kandungannya hampir mirip dengan Theraskin Suncare with Brightener TW. Mengandung 15% Oxibenzone juga, minus niacin dan agen pemutih kulit jenis lainnya. Jadi fungsinya memang benar benar cuma untuk tabir surya.

Kenapa milih ini?

Karena saya juga ngorder Theraskin Whitening Cream yang saya pakai selang seling dengan Niacef 4% (sebagai pengganti niacin, sama sama vitamin B). Jadi saya cuma butuh tabir surya aja tanpa lain lain nya.


Krim putih, tidak berbau, agak sedikit kental daripada Brightener TW. Sedikit meninggalkan residu jika tidak dioleskan secara rata. Tidak ada yang istimewa sih. Enak enak aja dipakai nya, meaning to say ; tidak membuat kulit muka jadi kusam. Kekurangannya kurang lembab meskipun di keterangan produk penjual di tulis hasil moist, flawless, dewy, etc. 

Saya akalin dengan Gluco Cream di pot ke dua, lumayan lembab, tapi kurang jugak sih, cuma lumayan.

Oh iya, baik Brightener TW dan Suncare ini, dua dua nya masuk masuk aja ya dengan serum, gel, atau krim yang di pakai pertama kali (base). Mungkin itu kelebihannya kalo buat saya *mikir.

Akhirnya, jika ada salah kata dan informasi mengenai apa yang saya tulis disini, silahkan menegur atau membenarkan dengan sopan dan baik. (ps. karena theraskin menurut saya kok kontreversial, eh gak tau ding!) Pis yak!

*note Saya bukan agen Theraskin. Cuma pakek doang. Btw. Ada yang tau tidak apa itu singkatan dari TW? 

You Might Also Like

0 comments

Leave a reply

Like us on Facebook

intenscorner

Image and video hosting by TinyPic

Subscribe